Demi Indonesia, Dorna Bakal Korbankan Seri MotoGP di Spanyol?

MADRID – Banyaknya permintaan untuk menjadi tuan rumah balap MotoGP membuat kepala Carmelo Ezpeleta pusing. CEO Dorna Sports itu mengungkap rencana untuk merotasi atau menggilir salah satu dari lima tuan rumah balapan di Semenanjung Iberia demi trek-trek baru seperti GP Indonesia di Lombok.

Seperti diketahui, Indonesia memang berambisi menggelar MotoGP kembali. Hingga saat ini, pembangunan Sirkuit KEK Mandalika terus dikebut agar bisa menjalani proses homologasi. Untuk MotoGP 2021, GP Indonesia masih masuk dalam daftar cadangan.

Kejuaraan Dunia MotoGP 2021 sendiri sejauh ini dijadwalkan menggelar 20 balapan. Satu slot masih kosong dan menjadi rebutan dari Indonesia, Rusia, atau Portugal. Jika Portugal yang masuk, maka akan ada lima seri balapan di Semenanjung Iberia (Spanyol dan Portugal).

Baca juga: Kapan MotoGP Indonesia 2021 Digelar? MGPA: Semua Tergantung Dorna

Kalender sementara MotoGP 2021 (Foto: MotoGP)

Antusiasme yang tinggi dari pecinta balap MotoGP di Indonesia membuat Carmelo Ezpeleta terkesan. Pria asal Spanyol itu siap mengorbankan satu balapan di Spanyol demi memasukkan Indonesia ke dalam kalender, dengan syarat slot maksimal 22 seri sudah penuh.

“Ada semacam kesepakatan dengan para penyelenggara, di mana kami tidak bisa menggelar lebih dari 22 seri dalam semusim (pada 2022-2026). Ada beberapa negara seperti Indonesia, yang punya antusiasme tinggi terhadap balap motor,” ujar Carmelo Ezpeleta, dikutip dari AS, Sabtu (19/12/2020).

“Mereka sedang membangun sirkuit yang spektakuler dan para pabrikan MotoGP sangat tertarik. Jika saya tidak bisa menambah lebih dari 22 seri dan ada lima di Iberia, hal paling logis adalah melakukan rotasi,” imbuh pria berusia 74 tahun itu.

Sumber

__Posted on
19 December 2020
__Categories
All Sport