De Gea Dikritik, Luis Enrique Pasang Badan

KIEV – Timnas Spanyol menelan kekalahan dengan skor 0-1 kala menghadapi Ukraina dalam lanjutan UEFA Nations League 2020-2021. Selepas pertandingan tersebut, penjaga gawang Spanyol, David De Gea pun menjadi sorotan.

Timnas Spanyol sebenarnya mendominasi penguasaan bola. Berkali-kali La Furia Roja bahkan memperoleh peluang untuk mencetak gol. Akan tetapi, penampilan apik Georgi Bushchan di bawah mistar gawang Ukraina sukses membendung seluruh serangan Spanyol.

Di sisi lain, De Gea justru bertanggung jawab besar atas terciptanya gol semata wayang Ukraina. Sebab, posisi De Gea terlalu maju, sehingga Viktor Tsyhankov bisa menemukan ruang tembak yang cukup baik untuk menjebol gawang Spanyol.

Baca juga: Ukraina Bungkam Spanyol, Shevchenko Kehabisan Kata-Kata

Ukraina vs Spanyol

Pelatih Timnas Spanyol, Luis Enrique, sadar bahwa aksi De Gea tersebut berpotensi besar akan menimbulkan kiritik. Apalagi, belakangan ini penjaga gawang Manchester United itu memang kerap tampil buruk dan telah berulang kali disalahkan.

Maka dari itu, sebelum De Gea kembali dikritik secara pedas, Enrique telah lebih dulu memberi peringatan. Ia menegaskan bahwa menyalahkan De Gea adalah kebiasaan yang buruk dan bukan sesuatu yang bijak.

Menurut Enrique, dibobolnya gawang Spanyol adalah risiko dari taktik yang ia terapkan. Sebab, Spanyol bermain menekan sehingga menciptakan ruang bagi Ukraina untuk melakukan serangan balik. Maka dari itu, ia menilai ini bukanlah kesalahan De Gea seorang.

Sumber

__Posted on
14 October 2020
__Categories
Sepakbola