Data dan fakta laga pekan pembuka Liga Premier Inggris 2022-23

Jakarta (ANTARA) – Liga Premier Inggris 2022-23 akan bergulir dengan rangkaian pekan pembuka yang berlangsung Sabtu (6/8) dini hari hingga Minggu (7/8) malam WIB.

Berikut adalah data dan fakta ke-10 laga pekan pembuka Liga Premier 2022-23 seturut lansiran Reuters, Kamis.

Crystal Palace vs Arsenal (Sabtu 02.00 WIB)

– Ini menjadi kali kelima Arsenal terlibat dalam laga pembuka musim Liga Premier, di mana mereka memenangi tiga di antaranya tapi kalah 0-2 melawan Brentford pada 2021-22 lalu.

– Catatan head-to-head kedua tim dalam enam pertemuan terakhir di liga berimbang dengan empat kali berakhir seri dan masing-masing sekali mengalahkan satu sama lain.

– Arsenal menderita kekalahan dalam empat dari enam laga tandang terakhir mereka di musim 2021-22.

Baca juga: Jadi kapten Arsenal, Odegaard diyakini akan beri dampak positif

Fulham vs Liverpool (Sabtu 18.30 WIB)

– Dua pertemuan terakhir kedua tim di liga terjadi pada 2020-21 di mana Fulham tak terkalahkan kontra Liverpool, imbang 1-1 di Anfield dan menang 1-0 di Craven Cottage. Catatan itu jadi perbaikan mentereng setelah sebelumnya selalu kalah dalam enam pertemuan di liga sepanjang 2012 hingga 2019.

– Penyerang Liverpool Mohammed Salah merupakan pemain pertama di Liga Premier yang selalu mencetak gol di laga pekan pembuka untuk lima musim beruntun. Bintang Mesir itu berpeluang menajamkan rekornya bila bisa menjebol gawang Fulham.

– Musim lalu, Liverpool punya catatan positif berupa lima kemenangan dalam enam pertemuan menghadapi tim-tim promosi.

Baca juga: Fulham resmi datangkan kiper Bernd Leno dari Arsenal
Baca juga: Liverpool hadiahi Diogo Jota kontrak baru berdurasi lima tahun

Bournemouth vs Aston Villa (Sabtu 21.00 WIB)

– Tim promosi Bournemouth terakhir memainkan pertandingan Liga Premier pada 2019-20, ketika mereka terdegradasi setelah finis di urutan ke-18 klasemen.

– Dalam lima kali pertemuan melawan tim promosi di laga pekan pembuka Liga Premier, Villa tiga kali kalah, sekali imbang, dan cuma satu kali menang, yakni 1-0 atas Bournemouth pada 2015-16.

– Di level Liga Premier, kedua tim tercatat hanya empat kali bertemu. Bournemouth tiga kali menang, sedangkan Villa hanya satu kali.

Leeds United vs Wolverhampton (Sabtu 21.00 WIB)

– Setelah hanya meraih tiga kemenangan dalam 25 lawatan pertandingan liga ke markas Leeds, Wolverhampton memperbaikinya dengan tiga kemenangan dalam empat kunjungan terakhir ke Elland Road.

– Luke Ayling mencetak gol pada menit pertama waktu tambahan untuk mengunci kemenangan dramatis 3-2 bagi Leeds dalam pertemuan terakhir kedua tim di liga.

– Dalam catatan enam pertemuan kedua tim di Liga Premier, hanya satu kali yang berakhir imbang, Wolverhampton memenangi tiga di antaranya dan Leeds dua kali menang.

Baca juga: Leeds United tolak penawaran pertama Arsenal untuk Raphinha

Newcastle United vs Nottingham Forest (Sabtu 21.00 WIB)

– Pertandingan ini menandai penampilan perdana Forest di Liga Premier setelah 23 tahun lamanya.

– Forest tak punya rekor bagus melawan Newcastle di Liga Premier, di mana mereka lima kali kalah dan tiga kali bermain imbang dalam delapan pertemuan.

– Forest jadi salah satu tim Inggris tersibuk di bursa transfer musim panas ini, merekrut 12 pemain, termasuk eks Manchester United Jesse Lingard.

Baca juga: Newcastle United sodorkan tawaran kedua untuk James Maddison

Selanjutnya : Tottenham Hotspur vs Southampton

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Sumber