Daftar Atlet Indonesia yang Raih Medali Emas Olimpiade, dari Susy Susanti hingga Owi/Butet

SEJUMLAH atlet Indonesia berhasil menyumbangkan medali emas bagi Tanah Air di ajang Olimpiade. Emas pertama disabet pada Olimpiade Barcelona 1992, dan berlanjut ke edisi-edisi setelahnya.

Sempat gagal mendulang emas pada Olimpiade London 2012, atlet Indonesia Kembali merebut supremasi tertinggi pada Olimpiade Rio 2016. Lantas, siapa saja atlet yang dimaksud?

Berikut daftar atlet Indonesia yang raih medali emas Olimpiade:

7. Alan Budikusuma

Alan Budikusuma

Atlet bulutangkis yang turun di nomor tunggal putra, Alan Budikusuma berhasil menorehkan sejarah sebagai peraih medali emas Olimpiade Barcelona 1992. Di partai akhir cabang olahraga bulu tangkis, Alan menghadapi rekan senegaranya, Ardy Wiranata. Pertandingan berlangsung sangat ketat dan sengit, keduanya memperlihatkan perlawanan keras. Akhirnya, Alan yang berhasil merebut juara dengan skor 15-12 dan 18-13.

6. Susy Susanti

Susy Susanti

Di usianya yang baru menginjak 21 tahun, atlet bernama lengkap Lucia Fransisca Susy Susanti ini berhasil meraih medali emas Olimpiade Barcelona 1992 pada nomor tunggal putri bulu tangkis. Sebelum medali emas jatuh ke tangannya, Susy terlebih dahulu harus berjibaku melawan pemain Korea Selatan, Bang Soo-hyun dengan pertarungan alot tiga gim.

Sumber

__Posted on
22 July 2021
__Categories
All Sport