COVID-19 membuat Rahm ragu bisa pertahankan gelar Tour Eropa

Jakarta (ANTARA) – Pegolf Spanyol Jon Rahm menikmati keberhasilan dalam Tour Eropa tahun lalu tetapi pegolf nomor satu dunia itu menyatakan Selasa waktu setempat bahwa dia mungkin tidak mempertahankan gelar apa pun karena wabah COVID-19.Rahm yang pekan ini akan turun berlaga pada playoff pembuka FedExCup dalam rangkaian PGA Tour di Norton, Massachusetts, menyatakan dia akan menunggu sampai setelah AS Terbuka 17-20 September untuk membuat keputusan final mengenai apakah akan bepergian ke luar negeri di tengah pandemi.

“Saat ini saya cuma tak bisa melihat diri saya akan ke Eropa,” kata Rahm di TPC Boston seperti dikutip Reuters.

Baca juga: Jim Herman akhirnya juarai Wyndham Championship

Dia mengaku berat harus terbang dengan penerbangan publik di tengah syarat-syarat kesehatan yang membuatnya tak nyaman, “harus terbang, bermasker selama 10 jam lebih, itu kedengarannya sangat tidak baik bagi saya. Sama sekali tak terdengar sehat, jadi saya tak tahu apakah saya akan melakukannya.”

Rahm, yang menggantikan Rory McIlroy sebagai pegolf nomor satu dunia setelah keberhasilan juara Juli lalu di Memorial Tournament, memenangkan tiga turnamen Tour Eropa tahun lalu, termasuk Spanyol Terbuka yang sudah dibatalkan tahun ini.

Dia juga juara bertahan Irlandia Terbuka yang sudah dijadwal ulang ke 24-27 September dan DP World Tour Championship yang tahun ini akan diadakan pada 10-13 Desember di Dubai.

Baca juga: Pegolf Justin Rose berharap ukir prestasi gemilang di usia 40 tahun

Rahm menyatakan akan memonitor pedoman COVID-19 di seluruh dunia dan juga mempelajari bagaimana turnamen-turnamen dijalankan sebelum membuat keputusan.

“Untuk saat ini pikiran utama saya adalah saya tak tahu apakah saya akan bisa pergi ke Spanyol dan menyaksikan keluarga saya saat Natal. Itulah hal utama saya saat ini,” kata Rahm. “Jika harus memilih pergi ke Spanyol untuk menengok keluarga dan bermain pada sebuah turnamen golf, maka saya tidak akan bermain golf, cuma itu yang bisa saya katakan.”

Sebanyak 70 pegolf top dalam daftar poin FedExCup setelah 125 pemain di Northern Trust akan mengikuti BMW Championship pekan depan di luar Chicago sebelum 30 besar maju mengikuti East Lake Golf Club di Atlanta dalam Tour Championship pada 4-7 September.

Baca juga: Karena pandemi COVID-19, turnamen US Open 2020 digelar tanpa penonton
Baca juga: LPGA batalkan turnamen Shanghai karena pandemi COVID-19

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Sumber