Cedera di MLB Meningkat, Pitcher Yankees Keluhkan Minimnya Persiapan

Pitcher New York Yankees James Paxton keluhkan persiapan yang terlalu cepat sebelum musim 2020 dimainkan yang membuat banyak pemain cedera termasuk dirinya, dilansir dari ESPN.

Paxton mengatakan summer camp yang hanya tiga pekan tersebut membuat dirinya tidak bisa tampil dengan baik. Selain itu, jumlah pertandingan yang hanya 60 membuat pitcher harus menginjak gas dari awal. Paxton mengatakan para pitcher tidak diberikan waktu yang cukup untuk membuat momentum secara perlahan.

“Kelelahan semakin menumpuk. Kami tidak diberikan landasan yang biasanya kami miliki,” ujar Paxton.

Paxton harus masuk ke Daftar Cedera (IL) karena masalah pada lengan kirinya yang merupakan lengan melemparnya. Selain Paxton, nama-nama pitcher bintang seperti Stephen Strasburg dari Washington Nationals dan Justin Verlander dari Houston Astros juga harus duduk manis karena cedera.

Last Word on Baseball (LWoB) mencatat kenaikan sebesar 22,9% pada cedera pemain dari musim lalu pada 28 hari pertama. Musim lalu MLB mencatat sebanyak 148 pemain harus masuk ke IL pada 28 hari pertama, sementara pada musim ini tercatat sebanyak 181 pemain harus rela menonton di luar lapangan.

MLB sendiri sebenarnya mengalamai peningkatan cedera pemain setiap musimnya sejak 2015. Terjadi peningkatan 33 kasus pada 2016 yaitu 136 dibandingkan dengan musim 2015 yaitu 105. Peningkatan terjadi lagi pada 2018 dan 2019 yang memiliki 148 kasus cedera pada 28 hari pertama. Akan tetapi musim 2020 merupakan musim yang luar biasa karena terjadi lonjakan cukup tinggi dari rata-rata 2015-2019 yang hanya 134.

LWoB mencatat 125 kasus cedera 2020 berasal dari posisi pitcher atau 69% persen dari total kasus cedera. Jumlah tersebut meningkat 45% dari musim sebelumnya. Meskipun demikian, posisi pitcher merupakan posisi yang paling rentan masuk IL. LWoB menyebutkan sejak 2015, posisi pitcher selalu menjadi mayoritas penghuni IL dengan 69% dari total penghuni IL.

Pitcher Yankees lainnya Zach Britton mengatakan dirinya sudah menduga bahwa akan terjadi kenaikan jumlah pemain yang cedera karena persiapan yang lebih pendek dan jumlah pertandingan yang lebih sedikit. Britton merupakan salah satu pitcher Yankees yang beruntung tidak ikut bersama pemain lain seperti Paxton dan Aaron Judge yang harus masuk ke IL.

“Tahun ini sangat unik. Ada banyak cedera selama musim ini,” ujarnya. “Hal itu sudah diduga,” tambah Britton.