Cara Melakukan Throw In dalam Sepak Bola Lewat Gerakan yang Benar

CARA melakukan throw in dalam sepak bola penting untuk diketahui agar Anda tidak melanggar aturan saat melakukannya dalam pertandingan. Throw in adalah salah satu kegiatan yang selalu terjadi dalam pertandingan sepak bola.

Sebagaimana diketahui, throw in biasa disebut juga lemparan ke dalam. Ada beberapa hal yang mesti Anda ketahui dari lemparan ke dalam.

Cara melakukan throw in dalam sepak bola

(Throw in adalah kegiatan yang pasti terjadi dalam pertandingan sepak bola, foto: Istimewa)

Mari mulai dari pengertiannya secara umum. Melansir dari The FA, Selasa (14/9/2021), lemparan ke dalam diberikan kepada lawan dari pemain yang terakhir kali menyentuh bola sebelum keluar lapangan. Patut dicatat, lemparan ke dalam tidak bisa menciptakan gol.

Jika bola masuk ke gawang lawan, tendangan gawang diberikan. Jika bola masuk ke gawang pelempar, tendangan sudut diberikan pada lawan.

BACA JUGA: 10 Teknik Dasar Sepak Bola Beserta Penjelasannya

Selanjutnya, mari bahas tata cara melakukan lemparan ke dalam. Pertama, pelempar harus menghadap ke lapangan sambil memegang bola dengan kedua tangannya. Dalam posisi ini, Anda harus memperhatikan kedua kaki karena harus ada bagian dari kedua kaki Anda yang menyentuh garis batas atau kedua kaki Anda berada di luar garis batas.

Lalu, lempar bola dengan kedua tangan dari belakang dan melewati kepala dari titik tempat bola meninggalkan lapangan sebelumnya. Arahkan bola kepada rekan setim Anda agar penguasaan bola tidak jatuh ke lawan.

Sementara itu, ada juga aturan untuk lawan ketika tim Anda melakukan lemparan ke dalam. Ketika pelempar akan melempar bola, para pemain lawan harus berada minimal 2 meter dari pelempar. Selain itu, Jika bola menyentuh tanah sebelum masuk, lemparan ke dalam dilakukan kembali oleh tim yang sama.

Lalu, saat melakukan lemparan ke dalam, seorang pemain dengan sengaja melempar bola ke arah lawan untuk memainkan bola lagi, tetapi tidak dengan cara yang sembrono atau menggunakan kekuatan yang berlebihan, permainan tetap dilanjutkan.

Sumber

__Posted on
15 September 2021
__Categories
Sepakbola