Bima Sakti rotasi pemain Indonesia saat lawan Vietnam

Sleman, Yogyakarta (ANTARA) – Pelatih tim nasional U-16 Indonesia Bima Sakti merotasi pemainnya saat melawan Vietnam pada laga pamungkas Grup A Piala AFF U-16 2022 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Sabtu (6/8), mulai pukul 20.00 WIB

Bima menyebut, beberapa pemain yang ikut menundukkan Singapura dengan skor 9-0, Rabu (3/8), akan diistirahatkan.

“Kami akan melakukan beberapa perubahan susunan pemain. Saat melawan Singapura ada pemain yang sengaja diistirahatkan agar lebih segar saat berjumpa Vietnam,” ujar juru taktik berusia 46 tahun itu di Stadion Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sleman, Yogyakarta, Jumat.

Bima sendiri tidak menjabarkan siapa saja pemain yang dimaksudnya. Akan tetapi, memang ada beberapa nama yang berstatus sebelas pertama kala berhadapan kontra Filipina, Minggu (31/7), tetapi tidak diikutkan ketika menghadapi Singapura, seperti bek Habil Abdillah Akbar dan Sulthan Zaky Pramana. 

Habil dan Sulthan bermain penuh pada laga versus Filipina, tetapi tidak masuk skuad melawan Singapura. Alasan Bima saat itu, Habil dan Sulthan mengalami sedikit cedera.

Namun, kini, Bima menegaskan semua pemainnya dalam kondisi siap tempur kecuali bek Muhammad Yanuar Pallaraeng. Yanuar, yang bermain versus Filipina selama 11 menit menjelang laga berakhir, disebut Bima mengalami cedera pergelangan kaki (ankle).

“Ketika latihan hari Sabtu sebelum melawan Filipina, dia sebenarnya sudah merasa sakit di bagian ‘ankle’-nya. Namun sekarang ternyata sedikit bengkak jadi kami mengistirahatkannya,” tutur Bima.

Bima Sakti menegaskan bahwa dirinya tidak mengalami kesulitan dalam memutuskan siapa yang akan berlaga menghadapi Vietnam.

Hal itu karena skuad “Garuda Asia” memiliki pemain dengan kualitas yang tak jauh berbeda.

“Saya menyampaikan kepada pemain, tidak ada pemain inti maupun cadangan. Atmosfer itu pun terbawa dalam sesi latihan. Pemain jadi selalu semangat bertarung untuk menunjukkan siapa yang siap untuk berlaga,” kata Bima.

Timnas U-16 Indonesia saat ini menjadi pemimpin klasemen sementara Grup A dengan enam poin dari dua laga tetapi unggul selisih gol (+11) dari Vietnam (+9) yang berpoin serupa.

Dengan demikian, Indonesia hanya perlu minimal hasil seri dari laga kontra Vietnam untuk lolos ke semifinal.

Adapun Singapura dan Filipina sudah dipastikan tersingkir dari Piala AFF U-16 2022 lantaran belum mengoleksi poin dari dua pertandingan.

Akan tetapi, kedua tim masih akan berjumpa pada laga terakhir yang juga berlangsung pada Sabtu (6/8) di Stadion Sultan Agung, Bantul.

Baca juga: Bima: Tendangan jarak jauh opsi strategi hadapi Vietnam
Baca juga: Bima: Indonesia tak akan “cari aman” kontra Vietnam di Piala AFF U-16
Baca juga: Perkembangan Azzaky Esa Erlangga diapresiasi Bima Sakti

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Dadan Ramdani
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Sumber