Batal Ikut Turnamen, Atlet Biliar Tetap Dukung PPKM Darurat

JAKARTA – Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Jawa – Bali sejak 3 Juli lalu dan kini diperluas ke sejumlah kota di luar Jawa – Bali, mengatur dengan ketat mobilitas dan kegiatan warga, khususnya perjalanan jarak jauh dan berbagai kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan di tempat-tempat umum.

“PPKM Darurat ini akan meliputi pembatasan aktivitas-aktivitas masyarakat yang lebih ketat daripada yang selama ini sudah berlaku,” kata Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta beberpa waktu lalu.

Ilustrasi biliar (Foto: MNC Media)

Ada 14 ketentuan di dalam Surat Edaran (SE) Gugus Tugas Covid-19 Nomor 14 Tahun 2021 mengenai PPKM Darurat itu, yang salah satu di antaranya melarang dan menutup lokasi kegiatan seni/budaya, olahraga dan sosial kemasyarakatan di lokasi seni, budaya, sarana olahraga, dan kegiatan sosial yang dapat menimbulkan keramaian dan kerumunan.

Sebagai tindak lanjut dari PPKM Darurat ini, sejumlah kegiatan olahraga khususnya di cabang biliar termasuk turnamen yang sebelumnya masih bisa dilaksanakan, kali ini benar-benar dibatalkan. POBSI Jawa Tengah misalnya menunda beberapa turnamen yang sedianya digelar pada awal Juli hingga akhir Juli ini.

Penundaan berbagai kegiatan, terutama turnamen tentu mengurangi kesempatan para atlet untuk mendapatkan ajang menguji kemampuan dan berlatih tandig, dan yang tidak kalah penting memengaruhi kesempatan para atlet mendapatkan penghasilan tambahan yang dikumpulkan dari hadiah uang di sejumlah turnamen tersebut.

BACA JUGA: Penataran Pelatih Biliar Tingkat Dasar Nasional di Sumut Awal Juli

Atlet biliar nasional berusia 37 tahun, Tisa Anggun mengatakan, situasi sekarang ini sangat memprihatinkan, namun dapat memaklumi karena tujuan diterapkannya PPKM untuk mengurangi kasus positif covid-19, walaupun akibatnya banyak kegiatan menjadi terhambat. Bahkan berlatih pun tidak lagi sebebas dahulu.

“Berusaha untuk tetap bersabar sampai situasi kondusif. Jaga diri dengan baik, makan teratur, tetap tersenyum saat keadaan menjadi berat, cari bantuan ketika kalian nggak bisa handle sendiri. Berlatih di tempat yang aman. Pprioritaskan keselamatan & kesehatan diri kita dan orang lain” kata Tisa Anggun.

Sumber

__Posted on
16 July 2021
__Categories
All Sport