Aturan Pergantian Lima Pemain Tetap Berlaku Musim Depan

ZURICHIFAB (International Football Association Board) telah resmi memutuskan bahwa aturan pergantian lima pemain akan tetap digunakan pada kompetisi yang akan selesai pada 31 Juli 2021. Aturan tersebut juga akan berlaku pada kompetisi internasional yang bergulir pada Juli atau Agustus 2021.

FIFA pertama kali mengusulkan penambahan jatah pergantian pemain kepada IFAB pada April 2020. Usulan itu adalah solusi sementara agar para pemain tetap bugar, ketika berlaga dalam jadwal yang padat pada sisa musim 2019-2020.

Pergantian Pemain (Foto: UEFA)

Jadwal setiap kompetisi musim ini seketika menjadi padat, setelah terjadi penangguhan karena pandemi virus corona (Covid-19). Setiap asosiasi sepakbola terpaksa memadatkan jadwal pertandingan demi menyelesaikan kompetisi musim ini.

Namun, risiko cedera menanti para pemain yang bertanding dalam jadwal yang padat tersebut. Oleh sebab itu, FIFA mengusulkan aturan pergantian lima pemain kepada IFAB.

BACA JUGA: 5 Cerita Transfer yang Dijamin Bikin Anda Terkejut, Nomor 1 Zidane Hampir Gabung Blackburn

IFAB yang melakukan peninjauan mendalam terhadap situasi sekarang pun menyetujui usulan FIFA pada 8 Mei 2020. Akan tetapi, aturan itu tidak serta-merta diterapkan pada setiap kompetisi. Setiap asosiasi sepakbola memiliki hak untuk memilih menggunakan aturan tersebut atau tidak.

Kompetisi top-top Eropa di Inggris, Italia, Spanyol, dan Jerman menggunakan aturan tersebut. Praktik aturan pergantian lima pemain memberikan dampak positif bagi setiap kompetisi yang menggunakannya.

Loading…

Sumber