Atletik Dunia keluarkan pedoman kesehatan baru selama pandemi

Jakarta (ANTARA) – Organisasi Atletik Dunia mengeluarkan pedoman terkait standar kesehatan dalam setiap lomba yang akan dilaksanakan di masa mendatang, antara lain memasukkan klorin ke dalam arena water jump, membersihkan tongkat estafet di tiap jeda penggunaan, hingga menambahkan senyawa antivirus ke dalam bak pasir sebagai bagian dari pedoman kebersihan selama pandemi virus corona.Pedoman kesehatan tersebut dikeluarkan Atletik Dunia dalam sebuah rilis setebal 22 halaman yang dirumuskan berdasarkan sumber ilmiah dan pengetahuan medis, demikian dilaporkan Reuters yang dipantau di Jakarta, Jumat.

Setelah mengalami sejumlah penundaan ajang, Atletik Dunia berharap bahwa musim 2020 yang singkat bisa berlangsung antara bulan Agustus dan Oktober, termasuk perlombaan Diamond League.

Baca juga: PB PASI dorong pelatih dan atlet beradaptasi di tengah pandemi

Rekomendasi itu termasuk penggunaan masker wajah oleh semua ofisial, media, dan atlet di stadion, kecuali saat melakukan pemanasan atau berkompetisi.

Pihaknya juga menyarankan agar panitia menyediakan tas kedatangan bagi para peserta yang mencakup setidaknya tiga masker sekali pakai, pembersih tangan dan tisu desinfektan.

Selama kompetisi, para ofisial yang melakukan kontak dekat dengan para atlet harus mengenakan kacamata pelindung atau pelindung wajah dari plastik, selain pelindung muka, tulis pedoman itu.

Baca juga: PB PASI ingatkan atlet hindari latihan luar ruangan selama pandemi

Untuk lomba dalam lintasan, balok permulaan harus langsung dibersihkan usai digunakan sebelum dipakai ulang, klorin ditambahkan ke bak air, serta tongkat estafet juga dibersihkan pada setiap penggunaan.

Untuk lompat tinggi dan lompat galah, penggunaan cairan pembersih tangan dianjurkan di setiap pergantian pemakaian.

Staf diharuskan membersihkan alas pendaratan tiap selesai lompatan menggunakan pel dan larutan pembunuh virus, atau memakai lapisan tipis dari plastik daur ulang yang ditempatkan di atas bantalan landasan.

Pasir dalam bak pendaratan lompat panjang harus dicampur dengan larutan yang mengandung senyawa pembunuh virus yang agresif dan aman bagi kulit.

Baca juga: Atletik Dunia kucurkan dana Rp8 miliar bantu finansial atlet
Baca juga: Atletik Dunia: Bantuan keuangan hanya untuk atlet yang bebas doping

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Sumber