Atlet Bisbol Kulit Hitam Diteriaki Panggilan Rasis Saat Bertanding

Atlet Bisbol kulit hitam yang bermain untuk Sekolah Charles City High School di Iowa, Amerika Serikat diteriaki panggilan bernada rasis oleh penonton saat bermain di Sekolah Waverly-Shell Rock High, Iowa Amerika Serikat pada 27 Juni 2020 lalu.

Jeremiah Chapman yang merupakan satu-satunya atlet kulit hitam di tim Charles City High School mengatakan kepada CNN bahwa dirinya dihujani teriakan bernada rasisme seperti “kamu harus kembali ke ladang” yang mengacu kepada perbudakan kulit hitam Amerika Serikat di masa lalu. Selain itu, penonton juga meneriaki Chapman dengan kata-kata “kamu harusnya seperti George Floyd” yang mengacu kepada kematian George Floyd pada 25 Mei 2020 karena dicekik saat penangkapan oleh Polisi.

Chapman mengatakan dirinya kesal karena dan merasa sakit karena karena teriakan-teriakan tersebut. Chapman juga mengatakan dirinya berusaha untuk menjadi pribadi yang sebaik mungkin tetapi masih tidak diterima publik karena warna kulitnya.

“Seberapa keras saya berusaha, tetap saja orang-orang tidak bisa menerima saya karena warna kulit,” ujar Chapman.

Saat teriakan tersebut terjadi, umpire atau wasit yang memimpin pertandingan bertanya kepada Chapman mengenai kelanjutan pertandingan apabila Chapman tidak merasa aman. Chapman mengatakan dirinya ingin terus bermain dan tidak mau mengecewakan timnya apabila pertandingan harus dihentikan.

Pihak sekolah Charles City Community memberikan pernyataan terkait dukungan kepada Chapman dan keluarganya, serta mengutuk perkataan rasis yang diteriakkan oleh penonton saat pertandingan tersebut berlangsung.

“Ini tidak bisa diterima. sebagai tempat di mana kami menginginkan yang terbaik bagi anak-anak kami, kami harus bersuara dan memberikan pencerahan terhadap situasi yang kerap terjadi kepada anak-anak kami” ujar pihak Sekolah Charles City Community.

Ibu Jeremiah Chapman, Keisha Cunnings mengatakan dirinya kesal karena hal tersebut terjadi kepada anaknya. Akan tetapi, Cunnings lega mengetahui bahwa hal itu terjadi dan menjadi pelajaran kepada anaknya bahwa hal seperti ini masih kerap terjadi.

Sekolah Waverly-Shell Rock Community lewat lama Facebooknya meminta maaf atas kejadian yang seharusnya tidak terjadi. Mereka mengatakan tidak ada alasan apa pun mengenai peristiwa yang terjadi dan menjadikan apa yang terjadi sebagai pembelajaran untuk semua pihak yang terkait.

Peristiwa tersebut mencorengi musim bisbol Iowa musim panas yang sudah dimainkan sejak 1 Juni 2020. Padahal pada salah satu pertandingan yang dimainkan, Tim Bisbol Sekolah Roosevelt High School berlutut saat dimainkannya lagu kebangsaan Amerika Serikat sebagai penghormatan dan aksi solidaritas terhadap rasisme yang menimpa masyarakat kulit hitam di Amerika Serikat.