Apa Saja Protokol Kesehatan yang Dilanggar Pesepakbola?

KETIKA kompetisi digulirkan di tengah pandemi virus corona, sejumlah protokol kesehatan terlebih dulu disusun masing-masing federasi demi meminimalisir penyebaran virus corona. Operator Liga Jerman (DFL) bersama Federasi Sepakbola Jerman (DFB) menjadi yang terdepan dalam menyusun protokol kesehatan, mengingat kompetisi mereka sudah bergulir sejak 16 Mei 2020.

Sejumlah protokol kesehatan yang mereka susunan adalah, para pemain dan pelatih yang datang ke stadion mesti menggunakan masker. Ketika tiba di lorong stadion, mereka mesti mengecek subu tubuh.

Bola Dilap

(Bola dilap setelah disemprot disinfektan)

Selain itu, bola yang digunakan mesti disemprot disinfektan. Bahkan demi menerapkan aturan physical distancing, pemain yang duduk di bangku cadangan diberi jarak 1,5 meter. Tidak jarang, pemain cadangan yang tidak tempat duduk di bench mesti menunggu giliran bermain di tribun stadion yang tidak berpenghuni.

Rose Harap Monchengladbach Berani Ladeni Pressing Bayern Munich

Protokol kesehatan yang disebut di atas, praktis dapat dijalani semua pemain. Namun, bagaimana dengan dua protokol kesehatan di bawah ini? Awalnya, DFB dan DFL melarang para pemain melakukan selebrasi gol secara bersama-sama.

Sumber