Anastasia Russkikh, Eks Pebulu Tangkis Rusia yang Pernah Berpasangan dengan Hendra Setiawan

BAGI para pecinta bulu tangkis Indonesia, nama Anastasia Russkikh memang sedikit tidak asing terdengar. Terlebih, Russkikh memang sempat berpasangan dengan Hendra Setiawan di nomor ganda campuran kala tampil pada ajang Indonesia Open 2010.

Russkikh memang sudah menekuni olahraga bulu tangkis sejak masih berusia anak-anak, dan bergabung dengan klub local di Rusia. Bahkan ketika masih berusia 9 tahun, Russkikh sudah berhasil menorehkan prestasi dalam sebuah kejuaaan yang berlangsung di Swedia. Dalam kejuaraan junior tersebut, Russkikh mampu menyabet gelar juara ketiga.

Berselang tujuh tahun atau tepatnya pada 1999, Russkikh pun kembali berhasil menunjukkan bakal menjadi pebulu tangis handal kala tampil di kejuaraan Eropa junior. Dalam ajang tersebut, Russkikh sendiri turun di dua nomor berbeda, yakni ganda putri dan ganda campuran.

Anastasia Russkikh

Di nomor ganda putri, Russkikh berhasil menyabet status runner-up. Sementara di nomor ganda campuran, Russkikh yang berpasangan dengan Alexey Vasiliev harus menyerah di babak semifinal dari pasangan Denmark, Mathias Boe dan Karina Sorensen. Meski begitu, Russkikh/Vasiliev tetap dihadiahi medali perunggu.

Baca Juga: Maria Kirilenko, Petenis Cantik yang Sempat Jadi Pesaing Maria Sharapova

Dua tahun berselang, Russkikh kembali berpartisipasi dalam kejuaraan Eropa junior yang kini dilangsungkan di Polandia. Sama seperti sebelumnya, dalam kejuaraan ini Russkikh kembali tampil di nomor ganda putri serta ganda campuran. Russkikh sendiri berhasil menutup keikutsertaannya di kejuaraan Eropa junior 2001 dengan meraih medali perunggu di dua nomor tersebut.

Anastasia Russkikh dan Hendra Setiawan

Akan tetapi, perjalanan karier Russkikh untuk bisa menjadi pebulu tangkis profesional memang penuh dengan liku-liku. Terlebih dengan fakta bahwa bulu tangkis sendiri bukanlah olahraga digemari mayoritas masyarakat Rusia.

Meski begitu tidak membuat Russkikh merasa patang arang. Dengan berpasangan bersama pebulu tangkis putri asal Bulgaria, Petya Nedelcheva, Russkikh berhasil menjalani masa-masa emas dalam perjalanan karier profesionalnya.

Loading…

Sumber