Alfred Riedl, Pelatih yang Naikkan Antusias Masyarakat terhadap Timnas Indonesia

JAKARTA – Mantan pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia, Alfred Riedl, pernah menjadi sosok yang membanggakan bagi masyarakat Tanah Air. Pada ajang Piala AFF 2010, masyarakat Indonesia begitu memuja-muja Riedl karena telah memberi prestasi gemilang.

Sebelum gelaran Piala AFF 2010, Timnas Indonesia sendiri memang tengah dalam kondisi terpuruk. Tampil di Kualifikasi Piala Asia pada 2010, Timnas Indonesia menunjukkan hasil mengecewakan setelah mengisi posisi juru kunci yang berada satu grup dengan Australia, Kuwait, dan Oman.

Alfred Riedl

Setelah kegagalan tersebut, Timnas Indonesia akhirnya merekrut Riedl untuk menangani skuad Garuda. Tantangan terdekat kala itu adalah menghadapi Piala AFF. Meski begitu, Riedl bersama Timnas Indonesia masih belum menjadi sorotan.

Namun, hal yang paling diingat ketika awal masa kepelatihan Riedl adalah Timnas Indonesia menjalani laga uji coba melawan Uruguay. Padahal pada saat itu, Timnas Uruguay yang diperkuat Edinson Cavani dan Luis Suarez merupakan tim dengan predikat semifinalis Piala Dunia 2010.

Pada laga tersebut, TImnas Indonesia tampil tidak mengecewakan. Bahkan Maman Abdurahman cs mampu mencetak gol cepat lewat Boaz Solossa. Sayangnya keunggulan di awal laga bukan menjadil hasil akhir. Timnas Indonesia harus mengalami kekalahan telak dengan skor 1-7.

Baca juga Alfred Riedl Meninggal Dunia Akibat Kanker 

Meski begitu, kekalahan tersebut tidak membuat motivasi para pemain menurun. Persiapan terus dilakukan demi memantapkan diri di ajang Piala AFF 2010. Akhirnya ketika hari tiba, skuad asuhan Riedl mampu tampil sempurna.

Tantangan pertama Timnas Indonesia adalah menghadapi Malaysia. Berjumpa dengan rival abadinya, Timnas Indonesia memang sempat tertinggal terlebih dahulu. Akan tetapi, setelah itu skuad Garuda mampu bangkit dan melumat Malaysia dengan skor 5-1.

Sumber