Alex Marquez Jatuh, Tidak Ada Pembalap yang Selalu Finis di MotoGP 2020

ALCANIZ – Sebuah fakta menarik tercipta usai MotoGP Teruel 2020 di Sirkuit Motorland Aragon, Alcaniz, Spanyol, Minggu (25/10/2020) malam WIB. Dengan jatuhnya Takaaki Nakagami dan Alex Marquez, maka semua pembalap (kecuali wildcard atau pengganti) sudah pernah merasakan pahitnya gagal finis dengan alasan berbeda.

Perjalanan Kejuaraan Dunia MotoGP 2020 memang penuh ketidakpastian. Siapa yang menyangka, juara dunia bertahan, Marc Marquez, masih nirpoin hingga seri ke-11? Hal itu tidak terlepas dari kegagalannya finis di MotoGP Spanyol 2020, yang merupakan seri perdana, pada 19 Juli lalu.

Cedera patah tulang humerus di lengan kanan atas membuat Marc Marquez absen hingga MotoGP Teruel 2020. Karena itu, poinnya masih 0. The Baby Alien bersama dengan Joan Mir, Valentino Rossi, Iker Lecuona dan Aleix Espargaro, menjadi kloter pertama pembalap yang gagal finis balapan pada musim ini.

Baca juga: Klasemen MotoGP Hari Ini: Joan Mir Menjauh dari Kejaran Fabio Quartararo

Valentino Rossi beberapa kali terjatuh musim ini (Foto: MotoGP)

Sebanyak delapan pembalap kemudian menyusul pahitnya gagal finis pada seri kedua di MotoGP Andalusia 2020, sepekan kemudian. Harap dicatat, gagal finis tidak selalu terjatuh, tetapi juga bisa karena gangguan teknis pada motor, seperti yang menimpa Valentino Rossi di GP Spanyol.

Pada seri ketiga di Republik Ceko, Pol Espargaro ikut masuk dalam daftar pembalap gagal finis setelah mencium aspal Sirkuit Brno. Alex Rins dan Johann Zarco kemudian gagal finis pada MotoGP Austria 2020. Sepekan setelahnya, Maverick Vinales tidak melihat bendera finis setelah rem motornya tidak berfungsi.

Kemalangan lantas menimpa Fabio Quartararo pada MotoGP San Marino 2020. Ia gagal finis karena terjatuh di Sirkuit Misano World Marco Simoncelli. Hingga setelah GP Emilia Romagna, hanya tersisa Andrea Dovizioso, Alex Marquez, dan Takaaki Nakagami yang belum pernah gagal start atau bahkan finis.

Sumber

__Posted on
25 October 2020
__Categories
All Sport