Alasan Mantan Mekanik Valentino Rossi Pensiun dari MotoGP

CANBERRA – Hengkangnya Valentino Rossi ke Tim Petronas Yamaha SRT menyisakan kepedihan bagi Alex Briggs. Mekanik andalan The Doctor dalam 20 tahun terakhir itu memutuskan pensiun dari hiruk pikuk dunia balap motor. Baginya hanya ada satu prinsip, bekerja dengan Valentino Rossi atau tidak sama sekali.

Seperti diketahui, Valentino Rossi sepakat untuk bergabung dengan Petronas Yamaha SRT untuk Kejuaraan Dunia MotoGP 2021. Negosiasi sebetulnya sudah dimulai sejak Maret 2020. Namun, perundingan antara ketiga pihak berlangsung alot.

Ya, negosiasi itu melibatkan tiga pihak, yakni Valentino Rossi, Yamaha, dan Tim Petronas SRT. Setelah berlangsung alot, kesepakatan akhirnya tercapai pada September 2020. Komposisi mekanik disinyalir menjadi salah satu penghambat tercapainya kesepakatan lebih cepat.

Baca juga: Valentino Rossi Tampil Buruk di MotoGP 2020, Mantan Mekanik Beri Pembelaan

Valentino Rossi berpisah dengan timnya (Foto: Yamaha MotoGP)

Valentino Rossi dikabarkan kukuh membawa tiga orang mekanik kuncinya, yakni David Munoz (kepala kru), Alex Briggs, dan Brent Stephens. Namun, Petronas Yamaha SRT juga bersikeras mempertahankan tim mekaniknya sendiri.

Kompromi terpaksa dilakukan Valentino Rossi. Setelah 20 tahun bersama, pria asal Italia itu memilih meninggalkan Alex Briggs dan Brent Stephens. Walau pada akhirnya menyerah, sang juara dunia MotoGP tujuh kali sudah berjuang keras mempertahankan dua mekanik kesayangannya itu.

Upaya keras dari Valentino Rossi diapresiasi setinggi-tingginya oleh Alex Briggs. Baginya, hanya ada satu prinsip, yakni kerja bareng sang pembalap atau tidak sama sekali. Karena tidak ikut dibawa ke Petronas Yamaha SRT, maka ia memutuskan pensiun.

Infografis Valentino Rossi

Sumber

__Posted on
22 December 2020
__Categories
All Sport