Ajax kokoh di puncak usai permalukan FC Utrecht 3-0

Jakarta (ANTARA) – Ajax kian kokoh di puncak klasemen sementara seusai mempermalukan tuan rumah FC Utrecht 3-0 dalam laga pekan kedelapan Liga Belanda yang berlangsung di Stadion Galdenwaard, Minggu.Tiga gol kemenangan Ajax terjadi pada babak kedua yang dibukukan Davy Klaassen, Dusan Tadic, dan Quincy Promes, demikian catatan resmi Liga Belanda.

Raihan tiga poin ini membuat Ajax (21 poin) sulit tergeser oleh rival terdekatnya di puncak, Vitesse (18 poin), yang baru akan memainkan laga lebih larut melawan Emmen, karena Ajax memiliki selisih keunggulan gol yang besar (27) dibanding Vitesse (11).

Baca juga: Sebelas pemain Ajax positif COVID-19
Baca juga: Dusan Tadic cemerlang bawa Ajax menang 2-1 atas Midtjylland

Ajax yang dalam kepercayaan diri tinggi setelah tak terkalahkan di empat laga terakhir dan berhasil membuat sejarah klub usai melumat VVV Venlo 13-0, tetap bermain dominan dalam pertandingan ini.

Menguasai hampir 70 persen penguasaan bola diimbangi dengan catatan percobaan tendangan yang menyentuh angka 19 kali, berbanding lima kali percobaan tendangan dari lawan.

Meski begitu Ajax baru bisa membuka papan skor saat laga memasuki menit ke-62. Berawal dari serangan balik cepat dan juga umpan-umpan cepat, Davy Klaassen mengakhirinya dengan sepakan keras di dalam kotak penalti.

Delapan menit berselang, Ajax mendapat hadiah penalti setelah Lassina Traore dijatuhkan di dalam kotak penalti oleh bek Utrecht Tommy St. Jago. Dusan Tadic yang maju sebagai eksekutor menyelesaikannya dengan sempurna.

Di sisa akhir pertandingan, Ajax tetap tak mengendurkan serangannya. Quincy Promes menutup laga menjadi 3-0 setelah memanfaatkan bola muntah hasil tendangan sendiri. Bola meluncur di antara tangan kiper

Berikut susunan pemain:
Utrecht (4-3-3): Maarten Paes; Tommy St Jago, Justin Hoogma (Adrian Dalmau), Django Warmerdam, Mark van der Maarel; Simon Gustafson, Adam Maher, Joris van Overeem (Othmane Boussaid); Gryano Kerk, Mimoun Mahi (Moussa Sylia), Eljero Elia (Sander van der Streek).
Pelatih: Van den Brom

Ajax (4-3-3): Andre Onana; Daley Blind, Nicolas Tagliafico, Peer Schuurs, Nousair Mazraoui (Sean Klaiber); Davy Klaanssen, Ryan Gravenberch, Zakaria Labyad (Quincy Promes); Anthony (David Neres), Lassina Traore (Edson Alvarez); Dusan Tadic.
Pelatih: Erik ten Hag

Baca juga: Sparta Rotterdam raih kemenangan pertama di markas Waalwijk
Baca juga: Dua gol Danilo antar Twente permalukan Den Haag 4-2
Baca juga: AZ Alkmaar akhiri rentetan hasil imbang usai lumat Waalwijk

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Dadan Ramdani
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Sumber

__Posted on
9 November 2020
__Categories
Liga-Liga Lain