AFC Batalkan Kejuaraan Futsal Putri Asia karena Pandemi Covid-19

KONFEDERASI Sepakbola Asia (AFC) membatalkan Kejuaraan Futsal Putri Asia 2020 di Kuwait dan Kejuaraan Futsal U-20 2021. Keputusan Komite Eksekutif AFC ini sesuai dengan rekomendasi dari Komite Futsal dan Sepak Bola Pantai di AFC.

Komite Eksekutif AFC memprioritaskan kesehatan dan keselamatan semua pihak di tengah pandemi covid-19 saat ini.

AFC Futsal Putri

Saat ini AFC harus menuntaskan tahapan kualifikasi Kejuaran Futsal Asia Kuwait 2022 yang semula dijadwalkan pada 13-24 Oktober 2021, diundur menjadi 1 hingga 15 April 2022. Babak final dipindahkan dari 16 hingga 27 Februari menjadi 25 September. hingga 20 Oktober.

Komite Eksekutif AFC memberikan kesempatan kepada tuan rumah untuk mendapatkan eksposur internasional, mendaptakan pengalaman berharga sebagai tuan rumah dan memberikan kesempatan berpartisipasi dalam pertandingan kualifikasi, meskipun langsung masuk babak final. Untuk menjaga fairness, pertandingan tuan rumah di babak kualitfikasi dianggap sebagai pertandingan persahabatan yang tidak memegaruhi peringkat grup.

Bagi TImnas Futsal Putri Indonesia, pembatalan AFC Women’s Futsal Championship membuat mereka kembali tidak tampil di satu kejuaraan besar setelah penundaan Sea Games Vietnam 2021, dan diundur ke pertengahan 2022.

Timnas Futsal Putri pernah berlaga di Turnamen Futsal Wanita terbesar se-Asia ini di Bangkok, Thailand pada 2018. Saat itu para srikandi futsal Indonesia mencapai babak Perempat Final setelah dihentikan oleh Vietnam dengan skor 2 -1 di Bangkok Arena.

BACA JUGA: FIFA Tunjuk 39 Wasit untuk Piala Dunia Futsal Lithuania 2021, Belum Ada Nama dari Indonesia

Pelatih Kepala, Kensuke Takahasi menyayangkan keputusan AFC membatalkan kejuaraan yang sebelumnya dijadwalkan digelar di Kuwait tahun 2020.

Sumber

__Posted on
15 July 2021
__Categories
Sepakbola