5 Rekor yang Mampu Diciptakan Indonesia di Olimpiade, Nomor 2 Paling Berkesan

GELARAN Olimpiade Tokyo 2020 memang sudah berada di depan mata. Menyambut kedatangan perhelatan olahraga terbesar dan paling bergengsi di dunia yang diikuti bangsa-bangsa, membuat para atlet Indonesia menyiapkan segala daya juang untuk bisa membawa pulang medali emas.

Baca Juga: 5 Atlet Terkaya Satu Tahun Terakhir, Nomor 1 Raup Rp3,37 Triliun

Selama keikutsertaan Indonesia dalam ajang olimpiade, tentunya kerap mencatatkan diri dalam menempati puncak kejayaan seperti halnya mencetak rekor-rekor baru. Prestasi terbaik Indonesia ini diraih dari berbagai pertandingan cabang olahraga yang beragam.

Mulai dari bulu tangkis, angkat besi, hingga panahan. Apa saja hasil terbaik yang pernah dicapai para atlet Indonesia? Berikut daftar rekor Indonesia sejak keikutsertaan di olimpiade:

5. Rekor Medali Pertama Indonesia di Olimpiade

Kusuma Wardhani bersama Lilies Handayani dan Nurfitriyana Saiman pernah berhasil memecahkan rekor olimpiade pada kategori 70 meter, dalam Olimpiade Seoul, Korea Selatan pada tahun 1988. Pencapaian mereka ini juga sukses menelurkan medali pertama untuk Indonesia di ajang olahraga multi event terbesar di dunia tersebut.

Dalam nomor tim putri cabor panahan, trio tersebut menyumbang medali perak. Sebelum tampil melepaskan anak panah di arena, mereka dilatih terlebih dahulu selama enam bulan oleh pelatih Donald Pandiangan, serta mengikuti turnamen di Amerika Serikat dan Jerman.

4. Sepasang Kekasih Susi Susanti dan Alan Budikusuma Mencetak Sejarah Indonesia di Olimpiade

Susi Susanti

Prestasi terbaik Indonesia yaitu perolehan medali emas pertama di olimpiade, jatuh pada cabang olahraga bulu tangkis. Medali emas pertama yang digenggam setelah 40 tahun, dimenangkan oleh pemain tunggal putri Susi Susanti dan tunggal putra Alan Budikusuma. Susi kelahiran Tasikmalaya itu memang menjadi satu-satunya pemain yang mewakili Indonesia dan menempati unggulan pertama.

Kejuaraan Susi melawan Bang Soo-hyun asal Korea Selatan itu bertempat pada Olimpiade Barcelona 1992, dan diikuti oleh Alan yang meraih medali emas setelah mengalahkan kawan senegaranya yaitu Ardy B. Wiranata. Alan-Susi pun meneruskan hubungannya ke jenjang pernikahan pada lima tahun berikutnya, dan akrab dipanggil dengan sebutan “Pengantin Olimpiade”.

Sumber

__Posted on
23 July 2021
__Categories
All Sport