5 Pemain Termuda yang Menangkan Liga Champions, Nomor 1 Baru 19 Tahun 4 Hari

TROFI Liga Champions menjadi impian nyaris setiap pesepakbola yang berkarier di Eropa. Sebab, trofi berjuluk Si Kuping Besar itu merupakan lambang supremasi klub terbaik di Benua Biru. Bisa dikatakan, gengsi Liga Champions setara dengan Piala Dunia di level tim nasional (timnas).

Mengapa demikian? Sebab, hanya pemain-pemain terbaik saja yang berkesempatan mengangkat trofi tersebut dalam kariernya. Terbaik bukan berarti sang pemain harus berusia matang bahkan senja, tetapi juga bisa masih muda.

Baca juga: 5 Pemain Barcelona Tak Lagi Miliki Masa Depan di Bawah Koeman

Sejumlah pemain pernah merasakan bagaimana nikmatnya mengangkat trofi itu ketika masih berusia muda atau di awal karier. Berikut deretan pemain tersebut, sebagaimana dilansir dari Sportskeeda, Selasa (25/8/2020).

5. Owen Hargreaves (20 tahun 4 bulan dan 3 hari)

Lahir di Kanada, pemain berkebangsaan Inggris ini justru memulai kariernya di Jerman bersama Bayern Munich. Ia masuk akademi pada 1997 dan mulai debut pada 2000. Kendati masih berusia muda, Owen Hargreaves sudah menjadi bagian penting dari skuad The Bavarian.

Kemampuannya sebagai gelandang membuat Owen Hargreaves dipercaya turun sebagai starter pada Final Liga Champions 2000-2001 kontra Valencia. Bayern Munich sanggup menang dengan skor 5-4 lewat babak adu penalti.

Owen Hargreaves mengangkat trofi (Foto: Twitter/@FCBayernEN)

4. Alphonso Davies (19 tahun 9 bulan dan 21 hari)

Sama seperti Hargreaves, Alphonso Davies lahir dan besar di Kanada. Ia bergabung dari klub Vancouver Whitecaps pada Januari 2019. Hanya dalam waktu singkat, ia sukses memaku tempat di skuad utama sebagai fullback kiri Bayern Munich.

Pada Senin 24 Agustus 2020 dini hari WIB, pelatih Hans-Dieter Flick mempercayakan tempat di susunan 11 awal Bayern Munich guna menantang Paris Saint-Germain (PSG). Die Roten menang dengan skor tipis 1-0 dan Alphonso Davies resmi menjadi juara.

Sumber