5 Kapten Terhebat dalam Sejarah Barcelona, Tak Ada Nama Messi

BARCELONA menjadi salah satu tim terbaik dunia saat ini. Tim asal Catalan itu telah merasakan semua gelar juara, mulai kompetisi domestik hingga merajai kompetisi Eropa seperti Liga Champions. Konsistensi Blaugrana –julukan Barcelona– diyakini tidak terlepas dari peran sosok kapten tim.

Saat ini, Lionel Messi dipercaya untuk memegang ban kapten setelah sejumlah pemain senior tim, seperti Andres Iniesta dan Xavi Hernandez, pergi. Namun, sejak dipimpin Messi, Barcelona justru belum bisa kembali berada di titik tertinggi. La Pulga -julukan Messi- pun disebut belum layak untuk disejajarkan dengan mantan kapten tim lain yang dinilai lebih berjasa.

Berikut adalah lima daftar kapten terhebat dalam sejarah Barcelona, dilansir dari laman Sportskeeda, Jumat (3/7/2020).

5. Jose Ramon Alexanko

Mungkin, tidak banyak dari penggemar Barcelona yang tahu dengan sosok yang satu ini. Jose Ramon Alexanko menandatangani kontrak dengan Barcelona pada 1980. Pemain asal Spanyol itu didatangkan Barcelona dari Athletic Bilbao.

Jose Ramon Alexanko

Sejumlah gelar bergengsi telah disumbangkan Alexanko untuk tim. Di musim pertamanya dengan ban kapten, ia membantu Barca ke final Piala Eropa 1986. Sayang, saat itu Barcelona gagal meraih gelar juara usai kalah dari Steaua Bucharest.

Seiring berjalannya waktu, Barcelona di bawah pimpinan Alexanko terus mengalami kemajuan. Satu gelar juara Liga Champions, empat gelar juara Liga Spanyol, tiga gelar juara Copa del Rey, juga Piala Super Eropa berhasil dipersembahkannya.

Loading…

Sumber