4 Teknik Pukulan dalam Olahraga Tinju yang Wajib Diketahui Pemula

EMPAT teknik pukulan dalam olahraga tinju wajib diketahui pemula agar tidak mudah cedera. Selain itu, teknik dasar ini juga sangat berguna karena pukulan akan lebih bertenaga.

Melakukan olahraga tinju mungkin terlihat menakutkan karena melibatkan dua orang yang melakukan pertarungan di atas ring. Namun, tak selamanya tinju berbahaya. Tinju bisa dilakukan untuk sekadar olahraga menyehatkan atau mempersenjatai diri untuk membela diri.

Untuk itu, diperlukan gerakan dasar yang benar untuk bertinju. Dalam artikel ini akan membahas gerakan dasar pukulan tinju. Ada Ada empat pukulan utama dalam tinju, yakni Jab, Cross, Hook dan Uppercut.

Jab

Jab adalah pukulan lurus cepat dan pendek yang menargetkan bagian wajah lawan. Untuk melakukan pukulan jab, letakkan tangan di samping hidung dengan kepalan tertutup.

Baca juga: Teknik Smash pada Bola Voli dan Penjelasannya

Pukulan jab biasanya digunakan untuk mengawali serangan dan menjaga jarak dengan lawan. Selain itu, pukulan jab bisa dilakukan dengan kombinasi dengan pukulan jenis lain.

Foto/Reuters

(Pukulan jab biasa untuk memulai serangan)

Cross

Pukulan ini hampir mirip dengan jab. Hanya saja pukulan cross memiliki kekuatan yang lebih kuat dibandingkan dengan jab.

Baca juga: Cara Bermain Bola Basket dan Penjelasan Singkatnya

Alasan pukulan cross memiliki kekuatan lebih dibanding jab karena ada perbedaan teknik saat melakukannya. Cross menggerakkan kekuatan bahu dan kaki depan sebagai penopangnya.

Seperti jab, pukulan cross juga mengarah pada bagian wajah. Sebagai tips, angkat sedikit tumit kaki bagian belakang untuk menopang tubuh dan membuat pukulan lebih bertenaga.

Sumber

__Posted on
12 October 2021
__Categories
All Sport